Image of Esai Politik Tentang Habibie

Text

Esai Politik Tentang Habibie



Kekuasaan politik adalah tentang kemampuan memobilisasi massa melalui pesona pribadi karismatik dan berbagai sumber daya. Mereka yang memilikinya paling berpotensi untuk menjadi pemimpin. Ini yang setidaknya kita lihat, misalnya, dalam diri Presiden Soekarno dan Soeharto. Mereka berdua bisa bertahan lama dalam kekuasaan karena lihai memainkan sentimen publik dan kekuatan birokratis-militer untuk menopang diri mereka.


Namun, presiden ketiga Indonesia, B.J. Habibie, sangatlah berbeda. Presiden kelahiran tanah Sulawesi ini dikenal sebagai ahli dirgantara didikan Jerman. Beliau masuk ke dalam pemerintahan berbekal ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena itu, kehadiran B.J. Habibie di panggung politik nasional bisa dianggap sebagai terobosan, bahkan sebuah "kelainan" dari kebiasaan karier politik para pemimpin negeri ini. Karena "kelainan" ini pulalah.


Kebijakan-kebijakan Habibie memiliki kekhasan tersendiri, yakni lebih bertumpu pada upaya mencari penyelesaian masalah ke akar-akarnya melalui kemampuan teknis dan visi yang komprehensif, sebagaimana seorang intelektual-saintis.


Buku ini secara jelas menggambarkan pola-pola kerja dan sifat pemerintahan B.J. Habibie, yang bisa menginspirasi kita dalam mencari pemimpin baru yang mampu menjawab berbagai persoalan bangsa yang semakin kompleks, terutama menjelang presiden 2014.


Ketersediaan

130787Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
920. 71 Ali e
Penerbit Balai Pustaka : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi + 263 Halaman ; 13,5 x 20,5 Cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-666-319-8
Klasifikasi
920. 71 Ali e
Tipe Isi
Text Book
Tipe Media
Buku
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this