Image of Epistemologi Pendidikan Islam

Text

Epistemologi Pendidikan Islam



Epistemologi merupakan cabang filsafat yang membahas tentang hakikat, keaslian, sumber, metode, dan struktur pengetahuan. Seperti induknya, (filsafat) epistemologi secara global memiliki pengaruh terhadap wujud peradaban manusia, sedangkan secara khusus berpengaruh terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Hal inilah yang kemudian menjadi tekanan dalam pembahasan filasafat Barat modern dan berusaha untuk disosialisasikan ke seluruh dunia, sehingga terjadilah apa yang disebut dengan “imperialisme epistemologi”. Sementara itu, epistemologi Barat memiliki ciri-ciri pendekatan skeptis, rasional-empirik, dikotomik, dan pendekatan yang menentang dimensi spiritual. Oleh karena itu, epistemolog Barat setidaknya masih sulit dipertemukan dengan pesan-pesan Islam, bahkan dalam banyak hal bertentangan dengan ajaran Islam. Hal inilah yang dipandang dapat membahayakan umat Islam
Melihat kenyataan tersebut, dipelopori oleh Ziauddin Sardar, Ismail Raji al-Faruqi, Syed Mohammad Naquib al-Attas dan lainnya, epistemologi Islam mulai dibangun. Epistemolog yang berdasarkan Alquran dan hadis ini dirancang dengan mempertimbangakan konsep ilmu pengetahuan, islamisasi ilmu pengetahuan dan karakter ilmu dalam perspektif Islam yang bersandar pada kekuatan spiritual. Dari sinilah kemudian muncul epistemologi pendidikan Islam.
Perlu disadari bahwa selama ini ilmu pendidikan Islam belumlah didasari dengan epistemologi pendidikan Islam yang kokoh. Jika pendidikan menjadi penentu kemajuan dan kejayaan peradaban, maka pendidikan Islam harus diperkokoh dengan pondasi yang kuat. Dan pondasi yang kuat itu dapat eksis bila didasari oleh epistemologi yang mapan.
Buku ini memaparkan secara rinci segala hal yang terkait dengan epistemologi pendidikan Islam dewasa ini. Kelebihan dan kekurangan dalam pendidikan Islam saat ini menjadi sebuah wacana yang menarik untuk dibahas dan dicari solusi ke depannya. Para praktisi pendidikan Islam dan mereka yang berkecimpung dalam dunia pendidikan Islam menjadi orang yang sangat dianjurkan membaca buku ini.


Ketersediaan

131011Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
297. 01 Qom e
Penerbit Erlangga : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xiii + 393 hlm; 23 x 15 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-781-074-7
Klasifikasi
297. 01
Tipe Isi
Text Book
Tipe Media
Buku
Tipe Pembawa
Book
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this