Image of Catatan Seorang Demonstran

Text

Catatan Seorang Demonstran



Buku Soe Hok Gie dibagi menjadi delapan bagian, bagian I, Soe Hok Gie: Sang Demonstran; bagian II, Masa Kecil; bagian III, Di Ambang Remaja; bagian IV, Lahirnya Seorang Aktivis; bagian V, Catatan Seorang Demonstran; bagian VI, Perjalanan Ke Amerika; bagian VII, Politik, Pesta dan Cinta; dan bagian VIII, Mencari makna.

Buku ini bercerita tentang Soe Hok Gie yang merupakan seorang aktivis kampus yang memegang teguh prinsipnya dan memiliki cita-cita yang besar. Mimpinya bukan hanya tentang dirinya tapi juga tentang kepentingan orang banyak dan kaum yang termarjinalkan. Sosok Gie ini gemar sekali membuat catatan-catatan tentang apa yang ada dipikiran kritisnya sebagai representasi dari pengalamanya menjadi seorang mahasiswa, pendaki, dan tentang dirinya yang merdeka yang memiliki darah Tionghoa.

Buku ini memperkaya sudut pandang kita tentang politik pada masa orde baru melalui catatan kritis dari sosok Soe Hok Gie. Buku ini juga memberi wawasan tentang diaspora Tionghoa di Indonesia yang bisa menjadi renungan kita bersama untuk lebih menumbuhkan adanya inklusivitas. Melalui buku ini saya sadar bahwa, Gie, adalah sosok yang berdiri di atas apa yang dia benar-benar pikirkan tentang apa yang benar untuknya. Ia tidak mau hanya mengikuti mayoritas rekan-rekannya di universitas. Sebagai mahasiswa yang kritis, ia tidak ingin hanya beraksi menyuarakan aspirasi tanpa pemikiran yang matang atau hanya sekadar ikut-ikutan. Secara keseluruhan buku ini menjadi salah satu karya yang wajib dibaca oleh para mahasiswa atau orang lain yang mengatasnamakan dirinya sebagai aktivis namun kehilangan makna karena unsur politis.


Ketersediaan

130276Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
920. 71 Gie s
Penerbit LP3ES : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xxx, 385 hlm.: ilus.; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
920. 71 Gie s
Tipe Isi
Text Book
Tipe Media
Buku
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this