Image of Tafsir Ibnu Katsir Jilid 4: Juz 7,8,9

Text

Tafsir Ibnu Katsir Jilid 4: Juz 7,8,9



Tafsir Al-Qur'an, sebuah disiplin ilmu yang mulia dan luas cakupannya. Karena tafsir menjelaskan firman-firman Allah dan berbagai macam ilmu lain-nya seperti akidah, fikih dan mu'amalah. Di samping itu, seseorang tidak dapat memahami Al-Qur'an dengan baik dan benar kecuali setelah mengetahui makna-maknanya. Oleh karena itu, sebagai seorang Muslim harus berusaha mengetahui tafsir Al-Qur'an agar mampu mengambil manfaat darinya dan mengikuti jejak salafu shalih.

Tafsir Al-Qur'ân Al-'Azhîm yang ada di hadapan pembaca adalah karya seorang ulama besar yang lahir di Bashrah pada 700 H. Seorang ahli fikih yang profesional, ahli hadits yang cerdas, sejarawan ulung dan seorang mufassir paripurna. Karya-karyanya tersebar luas di berbagai negeri semasa hidupnya dan dimanfaatkan oleh orang banyak setelah wafatnya, beliau adalah Imam Ibnu Katsir.

Kitab ini adalah salah satu karya beliau dalam bidang tafsir secara utuh. Di antara ciri khas atau keistimewaanya ialah metode penafsiran yang dinamakan dengan "Penafsiran Al-Qur'an dengan Al-Qur'an". Tafsir ini merupakan tafsir yang paling banyak memaparkan ayat-ayat yang bersesuaian maknanya, kemudian dikuti dengan (penafsiran ayat) dengan hadist-hadist marfu' yang ada relevansinya dengan ayat yang sedang ditafsirkan serta menjelaskan apa yang dijadikan hujjah dari ayat tersebut. Kemudian diikuti pula dengan atsar para sahabat dan pendapat tabi'in dan para ulama salaf sesudahnya.

Termasuk keistimewaannya pula ialah selalu disertakannya peringatan akan kisah-kisah isra'iliyat yang banyak tersebar dalam tafsir-tafsir bi Al-Ma'tsur, baik peringatan itu secara global maupun mendetail.


Ketersediaan

000035297. 2 Kat tMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
297. 2 Kat t
Penerbit Insan Kamil : Jawa Tengah.,
Deskripsi Fisik
... hlm : xiv ; 24 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-1296-84-7
Klasifikasi
297. 2 Kat t
Tipe Isi
Text Book
Tipe Media
Buku
Tipe Pembawa
Book
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this