Image of Jalan Tobat

Text

Jalan Tobat



Setiap manusia tentu pernah memiliki kesalahan. Baik kesalahan yang berhubungan langsung dengan Tuhan maupun yang berhubungan dengan sesama makhluk ciptaan-Nya. Ketika berbuat salah atau maksiat pada Tuhan, maka ia harus bertobat kepada-Nya. Selain bertobat, ia juga harus meminta maaf kepada manusia ketika ia berbuat kesalahan terhadap sesamanya.

Dalam buku Jalan Tobat; Banyak Manusia Ingin Bertobat, tapi Bingung Bagaimana Memulainya karya Muhammad Nabil Dhaif, dijelaskan, sebagian ulama menyebutkan syarat-syarat tobat, yakni: menyesali perbuatan yang telah lalu, berketetapan hati untuk tidak mengulangi lagi kesalahan dan dosa yang pernah diperbuat, dan meminta maaf atas kezaliman yang dilakukan kepada orang lain. Ketiga syarat ini gampang-gampang susah. Tetapi, apabila dilaksanakan, dapat mengantar seorang hamba ke jalan Allah Yang Maha Pengasih.

Muhammad Nabil Dhaif menjelaskan, tobat merupakan rahasia adanya iman di dalam hati. Tidak ada wajah yang lebih putih dan bercahaya daripada wajah mereka yang bertobat, yang mengganti kejahatan dengan kebaikan. Lembaran hidup mereka selalu memancarkan keagungan dan kemuliaan, ditorehkan dengan tinta air mata yang mampu memadamkan nyala api di tengah perjalanan hamba menuju Allah. Tobat merupakan jalan orang-orang yang insaf kepada Rabb semesta alam dan upaya untuk mengokohkan akar keimanan hingga kuat menghunjam dalam nurani, tidak akan goyah dengan keraguan dan kealpaan.


Ketersediaan

000550297. 3 Dha jMy LibraryTersedia
000551297. 3 Dha jMy LibraryTersedia
000554297. 3 Dha jMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
297. 3 Dha j
Penerbit Aqwamedika : Solo.,
Deskripsi Fisik
vi + 239 hlm ; 20,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-039-047-8
Klasifikasi
297. 3 Dha j
Tipe Isi
Text Book
Tipe Media
Buku
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this