Image of Pending Emas

Text

Pending Emas



Herlina Kasim, pejuang Trikora.
Saat itu Ia berhasil menyusup ke daratan Irian Barat bersama pasukan sukarelawan. Penyusupannya saat itu melibatkan kapal-kapal perang TNI AL. Aksi tersebut menjadi peristiwa fenomenal yang menjadi catatan perjuangan Herlina.

Setelah itu, Herlina kemudian memutuskan untuk bergabung dengan pasukan yang saat ini dikenal sebagai Komando Pasukan Khusus (Kopasus). Ia adalah pasukan perempuan pertama yang terjun di hutan belantara Irian Barat.

Selain berjuang di medan tempur, Ia turut andil dalam membimbing masyarakat di sana untuk menguasai baca tulis, berhias, cara berbusana. Pengalaman-pengalamannya tersebut kemudian dikumpulkan hingga menjadi surat kabar Mingguan Karya.

Herlina memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan Belanda yang baik. Hal tersebut membuatnya mudah berkomunikasi dengan banyak orang. Selanjutnya, ia berkeliling Irian Barat untuk menumbuhkan semangat nasionalisme, termasuk mengajarkan lagu Indonesia Raya.

Kehadirannya begitu dicintai warga Irian. Saat berkunjung ke Sorong, ia sampai harus dibawa ke rumah seorang Kepala Kehutanan asal Tana Toraja agar tidak dikerumuni massa.

Atas keberanian-keberanian dan perjuangan Herlina, sepulangnya Ia ke Jakarta, Presiden RI Ir. Soekarno pun memberinya hadiah berupa emas yang berbentuk seperti “kendi kecil” yang disebut “pending”, beratnya sekitar 1-2 kg.

Saat ini Si Pending Emas tengah tergolek lemah di rumah sakit. Beberapa tahun terakhir, kondisi perempuan berusia 75 tahun ini terus menurun.

Yang lebih memprihatinkan lagi, kerabat Si Pending Emas menyebut kesulitan untuk mengurus adminsitrasi pembiayaan di rumah sakit.


Ketersediaan

130274Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
920. 72 Her p
Penerbit Toko Gunung Agung : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xi + 534 hlm. ; 20,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
920. 72 Her p
Tipe Isi
Text Book
Tipe Media
Buku
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this