Image of Abangan, Santri, Priyayi Dalam Masyarakat Jawa

Text

Abangan, Santri, Priyayi Dalam Masyarakat Jawa



Buku ini merupakan hasil studi penelitian Clifford Geertz dalam rentang waktu Mei 1953-September 1954, di daerah Mojokuto, Jawa Timur.

Karya ini menjadi menarik karena mencakup berbagai dimensi yaitu antropologi, sosiologi, dan politik, Semakin menarik karena menggambarkan bagaimana hubungan antara agama dan perilaku politik di Jawa pada waktu itu.

Pada bagian pendahuluan buku ini, dijelaskan mengenai deskripsi geografis dan demografis daerah Mojokuto yang menjadi tempat dimana penelitian ini dilangsungkan. Wilayah ini merupakan wilayah yang kompleks, memiliki populasi penduduk sekitar 20.000 orang, terdiri dari 18.000 orang Jawa, 1.800 orang china dan selebihnya terdiri atas etnis Arab, India dan minoritas lainnya.
Lalu Geertz mengemukakan urgensi dari tiga struktur sosial di Jawa yaitu desa, pasa dan birokrasi pemerintahan.

Sebenarnya buku yang ditulis oleh Geertz ini tidak membahas mengenai definisi agama, hal ini sudah barang tentu membawa pembaca sedikit kebingungan, karena sebenarnya jelas dari judulnya Geertz seolah menulis mengenai santri, abangan dan priyayi yang jelas sekali berkaitan dengan kehidupan dalam umat islam.

Ketiga elemen yang dibahas merupakan suatu fenomena keagamaan yang sedikit atau banyak tergantung kepada pemahaman seseorang tentang apa itu agama dalam manifestasi empirisnya.


Ketersediaan

000097297. 4 Gee aMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
297. 4 Gee a
Penerbit Dunia Pustaka Jaya : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xxii, 551 hlm; 22 cm x 16 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
297. 4 Gee a
Tipe Isi
Text Book
Tipe Media
Buku
Tipe Pembawa
Book
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this